Jumat, 28 Agustus 2015

Domestic Shorthair


Domestic Shorthair (Felis silvestris catus) tentu merupakan kucing paling populer yang terdapat di semua bagian negara. Namun, ternyata domestic shorthair tidak termasuk dalam nama ras kucing,
melainkan nama lain dari kucing-kucing campuran yang memiliki bulu pendek. Dikarenakan mereka bukanlah kucing ras British Shorthair, American Shorthair atau ras lainnya dengan nama "Shorthair", melainkan keturunan dari kucing-kucing campuran, maka dari itu organisasi pendaftaran kucing besar tidak mengakui ras mereka.

Kucing yang mempunyai julukan mutt atau moggie ini mempunyai bentuk badan yang muscular, dan ukuran tubuh yang beragam. Kucing DSH berjenis kelamin laki-laki biasanya memiliki ukuran badan lebih besar daripada DSH perempuan. domestic shorthair dapat dijumpai dengan semua pola dan warna (contoh : Van, Tabby, Solid, dll) pada bulunya. 


Domestic shorthair memiliki bentuk wajah yang bulat, begitu pula dengan telapak tangan kakinya. Berat tubuh ideal jenis kucing ini diperkirakan berkisar sekitar 3 sampai 7kg. Kucing ini dilengkapi dengan kemampuan melihat pada malam hari 6 kali lebih baik dari manusia. Mereka diperkirakan menghabiskan 6 jam di siang maupun malam hari untuk berburu.

Sifat dan kepribadian kucing DSH sama bervariasinya dengan bentuk dan warna tubuhnya, dari pendiam, selalu ingin tahu, sampai mencintai petualangan.

Jika anda mempertimbangkan untuk memelihara kucing domestic shorthair maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat mereka sangat independent (tidak bergantung pada manusia) dan dapat bertahan hidup diluar rumah, yaitu disarankan menjadikan mereka sebagai house cat (kucing rumahan). 

Ada berbagai manfaat menjauhkan kucing-kucing ini dari luar rumah, seperti parasit, predator, kecelakaan, dan berbagai penyakit, termasuk feline leukimia (kanker darah pada kucing) yang berkemungkinan menyebabkan kematian pada kucing. Para ahli tidak pernah menyarankan untuk memelihara kucing diluar rumah.


Biaya untuk mengadopsi kucing ini termasuk rendah (terkadang free), dan terjangkau, apalagi kalau anda mempertimbangkan untuk mengadopsi dari penampungan kucing.

Jadi dapat disimpulkan kucing domestic shorthair pada umumnya adalah kucing yang sehat, yang hanya memerlukan perawatan rutin, tetapi umumnya juga dikenal suka makan berlebihan yang memungkinkan mereka terkena obesitas. Dan untuk perawatan bulunya hanya diperlukan penyisiran/penyikatan seminggu sekali.

Domestic shorthair sangat cocok untuk first time cat owner, dan juga sebagai kucing keluarga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar