Minggu, 30 Agustus 2015

Mitos Kucing Calico (3 warna) Jantan - The Sunday, Fact/Myth?





Happy sunday untuk reader blog iCatsBreed, disini saya akan memaparkan informasi-informasi seputar mitos dan fakta dari Kucing Calico Jantan.



Kucing belang tiga, kucing tiga warna, kucing telon, kucing calico atau kucing belacu adalah kucing domestik yang memiliki warna putih dengan warna belang dari dua warna lain, yaitu warna oranye dan hitam. Di luar Amerika Utara, pola ini lebih biasa disebut dengan sebutan tempurung-kura-kura-dan-putih.


"Belang tiga/Calico" hanya merujuk pada pola warna pada bulu kucing, bukan ras kucing. Hal ini tidak masuk ke dalam daftar ras. Ras kucing yang dapat memiliki belang tiga adalah ras Manx, American Shorthair, British Shorthair, Persia, Japanese Bobtail, Exotic Shorthair dan Turkish Van.


Mitos

Kabar yang beredar luas di masyarakat adalah bahwa hampir tidak pernah didapati ada kucing berbulu belang tiga warna (Belang telon/Calico) berjenis kelamin jantan yang bisa hidup sampai dewasa, dan kalau ada silakan berbahagialah bagi Anda yang memilikinya, karena harganya sangat-sangat mahal.



Cerita yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa si induk jantan kucing diliputi ketakutan yang sangat mendalam jika ada anaknya yang berbulu belang telon (tiga warna), karena jika sampai bisa menginjak masa dewasa, si Anak yang berbulu belang tiga akan menguasai wilayahnya dan membunuh dirinya dalam sebuah pertengkaran hebat, karena itu daripada kelak si anak membunuh dirinya, maka lebih baik baginya untuk membunuh si anak pada waktu masih kecil. Kucing calico dipercaya memiliki kekuatan yang istimewa seperti cicak yang hanya dilihatnya saja dapat jatuh ketanah atau tikus dengan mudah ia tangkap.


Kucing belang tiga diyakini membawa keberuntungan dalam cerita rakyat dari berbagai budaya. Di Amerika Serikat, kadang-kadang kucing ini disebut dengan kucing uang. Bahkan patung kucing bernama Maneki Neko dari Jepang yang diyakini membawa keberuntungan ini juga memiliki tiga warna (kucing belang tiga) pada bulunya. Selain itu, kucing belang tiga juga adalah kucing yang terkenal di negara bagian Maryland di Amerika Serikat.


Fakta

Kemungkinan lahirnya kucing calico jantan mempunyai perbandingan sebesar 1 : 10.000. 

Seperti yang kita ketahui, kromosom untuk jenis kelamin perempuan atau betina adalah XX, sementara untuk jenis kelamin laki-laki alias cowok alias jantan mempunyai kromosom XY.

Dan oleh karena kucing belang tiga jantan ini mengalami kelebihan kromosom X, dia memiliki kromosom XXY. Akibat cacat kromosom tersebut, hampir dipastikan kucing jantan belang tiga ini mengalami gangguan vitalitas dan juga fertil atau mandul.


Pantas saja harga kucing belang tiga berkelamin jantan itu sangat mahal. Banyak pencinta kucing mengincar keberadaan si jantan belang tiga ini. Mereka tak ragu menguras kantong untuk meminang si belang tiga jantan ini, demi sebuah kepuasan.

Harga kucing langka ini bisa mencapai 75 hingga lebih dari 100jt rupiah.
Harga yang fantastis bukan!

Para pencinta kucing yang berhasil mendapatkan dan memelihara si kucing jantan belang tiga ini sudah dapat dipastikan merasa lebih beruntung dan hoki di banding pecinta kucing lain.

Apalagi jika kesempatan memiliki si belang tiga jantan nan langka itu dari lahir dan kemudian bisa melihatnya tumbuh besar, pengalaman itu saja merupakan sebuah keberuntungan tak terhingga bagi pecinta kucing.^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar